Tips Mencari Sponsorship Event untuk Pemula

Tips Mencari Sponsorship Event untuk Pemula

Menjadi bagian dari suatu event yang akan dikerjakan oleh kampus kamu, tentunya ialah suatu pujian tersendiri dan akan memberikan pengalaman yang baik untuk memasuki dunia kerja nanti.

Tips Mencari Sponsorship Event untuk Pemula

Mencari Sponsor

Mencari sponsor itu memang sulit-sulit gampang, namun dengan beberapa kiat berikut ini, mungkin bisa membantu kamu dalam mencari sponsorship event. Berikut ulasannya:

1. Membuat Proposal dan Memperbanyak Proposal

Proposal untuk sponsorship sebaiknya diciptakan dengan mendetail dan penuh perhatian. Lakukan informasi lapangan list barang atau segala estimasi anggaran yang pantas dengan pasaran, agar tak ada penggelembungan dana.

Penggelembungan dana tentunya kurang etis, bagi mahasiswa yang bertanggung jawab atas pembuatan proposal ini. Sesudah proposal sponsorship rampung, karenanya perbanyak proposal tersebut, agar bisa dimasukan ke beberapa perusahaan yang ada di list sasaran sponsor kamu.

Baca juga : Tips Menjadi Sponsorship di Seminar Bisnis Online

Sasaran perusahaan yang akan diciptakan sponsorship sebaiknya tak hanya 1 perusahaan. Buatlah list beberapa perusahaan yang akan dituju. Perbanyak proposal yang telah diciptakan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan surat ekspedisi khusus. Surat ini juga harus mempunyai batas kesopanan dan dikasih pertanda tangan asli bercap berair. Pastikan juga bahwa surat ini mempunyai no. seri dan Romawi kode yang benar.

Amati beberapa moral penulisan, seperti tak menggunakan artikel tangan. Amati nama donasi dengan benar beserta pangkat atau gelarnya. Pastikan di bagian cover proposalnya, mempunyai penampilan yang menarik dan membikin orang yang memandangnya berharap membacanya.

2. Pahami Perusahaan atau Organisasi Sasaran Sponsor

Sebelum menggaet sponsor , betapa baiknya kita memahami terutamanya dulu bagaimana seluk beluk dari perusahaan atau organisasi yang akan dituju. Karenanya dari itu, penting untuk membikin break down calon sponsor.

Sekiranya event yang akan diselenggarakan tahunan, karenanya kamu bisa menghubungi sponsor yang telah bekerjasama sebelumnya. Sebaliknya, jika berharap mencari sponsor baru, karenanya beberapa perusahaan yang sebaiknya diciptakan sasaran ialah perusahaan operator seluler, merk kendaraan bermotor, sampai perusahaan minuman.

Sebagian perusahaan – perusahaan tersebut berpotensi menjadi sponsor utama. Selain itu, pastikan proposal yang kamu buat untuk sponsor mempunyai relevansi dengan calon sponsor.

3. Mendapat Izin dari Kampus untuk Mendapat Sponsor

Proposal yang nantinya kamu bawa ke sponsor, harus menerima izin dari kampus kamu sendiri. Mengurus izinnya bisa jadi cukup kompleks, karena melibatkan birokrasi.

Mungkin waktu kuliah kamu akan tersita untuk mencari sponsor, karena mencari sponsor umumnya bisa dikerjakan di ketika jam kerja.

Adanya izin yang resmi dari uiversitas kamu, karenanya sebagai panitia event kampus, kamu tak perlu kucing-kucingan membolos kuliah.

4. Proaktif dan Follow up kepada Sponsor

Sesudah kamu berjumpa sponsor dan memberikan proposal, jangan lupa untuk minta nomor kontak yang bisa dihubungi. Ini akan berguna, terutamanya jika proposal kamu masuk dalam daftar waiting list di resepsionis. Lazimnya, pihak perusahaan yang beratensi dengan proposal event kamu, akan menghubungi kamu setelahnya.

Melainkan, masalahnya, perusahaan terkait mungkin bukan saja menerima proposal sponsor dari kampu kamu saja. Mereka bisa melupakan mengenai tawaran kerja sama sponsor kamu. Solusinya, kita perlu minta kontak nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu kita menjalankan follow up nanti.

5. Persiapkan Persentasi yang Optimal

Meskipun perusahaan yang diciptakan sasaran sponsor alhasil telah sependapat untuk berprofesi sama, karenanya berikutnya ialah persiapkan presentasi yang apik dan menarik, untuk pertemuan berikutnya.

Persiapkan file presentasi pada laptop kamu, dan buatlah desain slide yang keren namun tetap sopan untuk disaksikan para professional perusahaan. Kamu lakukan pendalaman kepada materi presentasi, agar nanti bisa menjawab pertanyaan tentang event kampus yang akan dikerjakan.

Harianto Santoso

Membaca, Bersepeda, Mendaki Gunung

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x